HEADLINE

Bakar Kapal, Ratusan Nelayan Tolak Reklamasi Teluk Jakarta

"Aksi ini merupakan kekecewaan nelayan yang mata pendapatannya mulai berkurang akibat reklamasi."

Foto: Bappedajakarta.go.id
Foto: Bappedajakarta.go.id

KBR, Jakarta - Ratusan nelayan penolak reklamasi di Teluk Jakarta, besok Senin, 23 November 2016 akan melakukan aksi konvoi dan bakar kapal di tengah laut.

Menurut Ketua Serikat Nelayan Tradisional DKI Jakarta Azis Suwandi, aksi akan dilakukan dengan melibatkan sekitar 500 nelayan. Sebab reklamasi Teluk Jakarta telah merampas hak hidup dan hak berusaha ribuan nelayan dari Tangerang, Jakarta dan Bekasi. Aksi ini merupakan kekecewaan nelayan yang mata pendapatannya mulai berkurang akibat reklamasi.


"Aksi kita aksi konvoi ke tengah laut paling tidak 500 nelayan dengan 175 kapal berkumpul di perbatasan Dadap dan Kamal. Kemudian kita ke Pulau PT KNI kita akan orasi di sana dan bakar perahu di sana. Tuntutan kita adalah tolak reklamasi di Teluk Jakarta, cabut Kepres tahun 1995 tentang izin reklamasi, cabut semua izin reklamasi di Teluk Jakarta," jelas Ketua Serikat Nelayan Tradisional DKI Jakarta Azis Suwandi kepada KBR, Minggu (22/11/2015)


Azis Suwandi menambahkan, dalam aksi besok pagi, nelayan juga akan mengepung Pulau KNI dan PT Tangerang Internasional City yang ada di daerah Kamal Muara dan Dadap, Tangerang. Para nelayan pun memerotes intimidasi aparat satpol PP dan gerombolan preman kepada nelayan penolak reklamasi. 

  • reklamasi teluk jakarta
  • Nelayan Tradisional
  • serikat nelayan tradisional

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!