HEADLINE

Rusia Kirim Bantuan Pesawat Padamkan Karhutla

"Bantuan pesawat dari Malaysia, Jepang dan Singapura kini masih dalam proses."

Aisyah Khairunnisa

Rusia Kirim Bantuan Pesawat Padamkan Karhutla
Ilustrasi: Helikopter pemadam (Situs Setkab)

KBR, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah Indonesia sudah meminta bantuan kepada sejumlah negara untuk memadamkan api di Sumatera dan Kalimantan. Kata Jokowi, bantuan dari Malaysia, Jepang dan Singapura kini masih dalam proses. Jokowi berharap bantuan itu bisa mempercepat pemadama??n kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Bantuan berbentuk pesawat yang bisa mengangkut air hingga 12-15 ton karena pesawat ini tidak dimiliki Indonesia.

 

“Ada 3 pesawat mungkin hari ini  datang, dari Rusia juga. Karena yang kita butuhkan adalah pesawat-pesawat yang bisa mengangkut 12 ton, 15 ton. Bukan seperti sekarang yang hanya 2-3 ton. Gak nendang,” kata Jokowi di Proyek MRT Bundaran Senayan, Kamis (8/10/2015).

 

Jokowi menambahkan, dalam rapat kabinet terbatas mengenai penanganan karhutla kemarin, ia sudah memerintahkan satgas kebakaran hutan untuk menurunkan seluruh personel di Sumatera Selatan. Karena di daerah itu titik panas (hotspot) paling banyak ditemukan.?


Editor: Rony Sitanggang

  • karhutla
  • presiden joko widodo
  • rapat kabinet
  • pesawat bantuan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!