BERITA

Hasil Penyelidikan Musibah AirAsia QZ8501 Diumumkan Akhir Oktober

Hasil Penyelidikan Musibah AirAsia QZ8501 Diumumkan Akhir Oktober
Rekaman penyelam terhadap serpihan badan pesawat AirAsia yang jatuh dan ditemukan di Selat Karimata, akhir 2014. (Foto: setkab.go.id)

KBR, Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan merilis hasil penyelidikan kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 pada akhir bulan ini.

Pesawat jenis Airbus A320-200 itu mengalami kecelakaan jatuh di Selat Karimata, akhir tahun lalu.


Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, mengatakan semua proses penyelidikan data kotak hitam AirAsia dilakukan di Indonesia.


Menurut Soerjanto, penyelidikan lebih mudah karena kondisi kotak hitam baik rekaman data penerbangan (flight data recorder/FDR) maupun rekaman percakapan kokpit (cockpit voice recorder/CVR) saat ditemukan masih dalam kondisi baik.


"Data-datanya semua baik, bisa kita play di Indonesia. Jadi kita akan publish untuk kasus AirAsia pada akhir Oktober ini," kata Soerjanto, Rabu (7/10).  


Pesawat AirAsia bernomor QZ8501 jurusan Surabaya-Singapura jatuh di Selat Karimata akhir tahun lalu. Pesawat hilang kontak 40 menit setelah lepas landas pada 8 Desember 2014. Pesawat itu membawa 162 orang, termasuk 7 kru penerbangan di dalamnya. Seluruh penumpang meninggal.


Editor: Agus Luqman

 

  • Pesawat AirAsia
  • musibah penerbangan
  • kecelakaan penerbangan
  • kecelakaan transportasi
  • KNKT

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!