BERITA

BNPB Fokuskan Pemadaman di Sumsel

BNPB Fokuskan Pemadaman di Sumsel
Ilustrasi: Presiden Joko Widodo saat meninjau karhutla di OKI, Sumsel September lalu (Foto: Setkab)

KBR, Jakarta -  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memfokuskan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Sekretaris Utama BNPB  Dody Ruswandi   menyebut bahwa saat ini pemadaman kebakaran di Sumatera Selatan terus dilakukan dengan bantuan pesawat dari Malaysia dan Singapura.

Kata Dody, pemadaman difokuskan ke wilayah OKI dan Musi Banyuasin karena di sanalah sumber api dan lokasi gambut yang kondisinya rentan terbakar. Meski begitu, Ia menyebut bahwa hasil dari operasi pemadaman hari ini baru bisa diketahui nanti malam. Menurut Dodi, tim BNPB dan negara tetangga melakukan briefing pada pagi hari dan baru rapat pada malam harinya untuk evaluasi di posko penanganan kebakaran.


"Sekarang kita bombardir asap di belakang OKI, Jadi kita ngebom di belakang asap. Untuk Pesawat Malaysia ke Pangkal Pinang masuk dari OKI. Ini operasi baru," kata Dody (12/10/2015).


Dody menambahkan untuk penanggulangan kabut asap, BNPB sudah mengeluarkan dana hingga sekira 387 Miliar Rupiah untuk operasi darat dan udara. Informasi yang didapatnya dari BMKG mengungkap bahwa tanggal 15 Oktober nanti hujan buatan sudah memungkinkan untuk dilakukan karena diperkirakan sudah adanya awan di beberapa daerah.

Editor: Rony Sitanggang

  • karhutla di sumatera selatan
  • karhutla oki dan musi banyuasin
  • Sekretaris Utama BNPB Dody Ruswandi
  • pesawat dari Malaysia dan Singapura

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!