BERITA

Biduran Bisa Mengancam Nyawa, Kenali Penyebabnya

"Jika salah satu orangtua alergi, peluang kemunculan alergi karena gen bisa 30 persen. Nah, kalau kedua orangtua punya alergi, anaknya kemungkinan 75 persen terkena alergi."

Biduran Bisa Mengancam Nyawa,  Kenali Penyebabnya
Alergi (foto : iStock)

Pernah mengalami kulit bentol-bentol? Bentuknya merah dan gatal, seperti bekas gigitan nyamuk, tapi ada yang  besar ada pula kecil, kalau digaruk bertambah banyak. Nah, kalau gejala ini  muncul di kulit Anda, berarti Anda mengalami biduran atau kaligata. Dalam istilah kedokteran disebut Urtikaria.

Menurut dr. Iris Rengganis Sp PD, KAI, penyebab alergi biduran bisa dari debu, makanan, obat, tanaman, dan cuaca dingin atau udara panas.


“Kalau bidurannya sudah parah, muka dan kelopak mata bisa membengkak, dan  bibir jontor. Biduran bisa menyebabkan sesak nafas dan bisa mengancam nyawa. Misalnya, jika alergi makan udang, bisa bengkak di tenggorokan dan mengganggu pernafasan,” jelasnya saat berbincang bersama KBR pada program Klinik KBR, Selasa (6/10/2015).


Mengapa makanan seperti sea food, udang atau telur, bisa menyebabkan alergi? Kata Iris, makanan tersebut mengandung protein dan protein  bisa bikin gatal, karena mengandung zat yang alergen.


Nah, kalau penyebab biduran adalah debu, biasanya akan muncul bentol-bentol di tangan dan muka, karena debu hanya mengenai kulit yang terkontak. Tapi, kalau penyebabnya karena makanan, timbulnya biduran bisa menyeluruh di tubuh.  


“Sedangkan, kalau biduran karena faktor udara, bisa seumur hidup. Jadi harus memakai pakaian hangat dan mandi air suam-suam kuku, karena kalau mandi air dingin, biasanya langsung bentol,” ujarnya. 

Dokter yang juga konsultan alergi dan imunnologi di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo RSCM ini, menjelaskan, alergi muncul karena bakat seseorang dari gen yang sudah sensitif terhadap lingkungannya. Jika ditambah faktor pencetus  pada saat daya tahan tubuhnya menurun, maka timbulah alergi atau biduran tadi. 

red   dr. Iris Rengganis saat berbincang di studio KBR


Masing-masing  orang berbeda alerginya karena bakat atau derajad sensitifitas, begitu pula dengan obat-obatan, ada yang cocok ada yang tidak, meskipun obatnya sama. Namun, kalau terjadi reaksi alergi ringan, Iris menyarankan untuk mengkonsumsi obat anti alergi Antihistamin. Namun, jika sudah parah, harus diperiksa ke dokter. Meski begitu, obat ini hanya sekedar untuk peredam saat itu saja. Iris menyarankan, jika kita sudah tau apa penyebab alergi, lebih baik dihindari saja faktor pencetusnya agar terkedendali.


“Yang rentan alergi biduran adalah orang-orang yang mempunyai  keturunan alergi. Peluang munculnya alergi 10 persen pada orang yang tak punya keturunan alergi. Ini terjadi karena paparan yang terus menerus dalam hitungan bulan atau tahunan, tergantung tingkat sensitifitas  orang tersebut," katanya


"Jika salah satu orangtuanya alergi, peluang kemunculan alergi karena gen bisa 30 persen. Nah,  kalau kedua orangtua punya alergi, anaknya kemungkinan 75 persen  terkena alergi," tambahnya.


Dokter Iris, secara khusus datang ke studio KBR memenuhi undangan PT. Bayer Indonesia untuk berbincang tentang Hidup Nyaman Tanpa Gejala Alergi. Mengakhiri obrolan yang berlangsung 1 jam secara on air itu, Ia mengingatkan agar seseorang yang menderita alergi, untuk menghindari secara perlahan faktor pencetusnya selama 3 bulan dan mencari makanan pengganti. Misal, jika alergi telur ganti dengan tahu tempe,  ikan, atau daging sapi.

Untuk mengetahui  alergi yang diderita, bisa dilihat dari apa yang dirasakan oleh tubuh kita sendiri saat terkena dengan salah satu faktor pencetus.


red Suasana Talkshow Hidup Nyaman Tanpa Gejala Alergi Biduran.


  • biduran
  • galigata
  • alergi
  • alergi kulit
  • penyebab alergi

Komentar (13)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Amelia6 years ago

    Dok mau nanya klau terkena biduran apa boleh mandi air hangat?? Makasih

  • Dadah Sunandar6 years ago

    Dok mau nanya, tapi saya akan sampaikan dulu kronologis alergi saya: Pada umur sekitar 25 tahun sampai 40 tahun saya pernah alergi biduran tetapi tidak sering , alergi/ biduran terasa paling setahun sekali dengan gejala bentol2 di seluruh tubuh dan bibir serta muka terkena juga. Sekarang pada usia di atas 40 sering kambuh sering kambuh alergi saya , sekarang saya konsumsi obat alergi setiap 2 hari sekali, karena kalau gak minum alergi saya akan kambuh. Dok bagaiman cara mengobati alergi tersebut supaya saya tidak konsumsi obat alergi terus menerus? Tks.

  • baron6 years ago

    dok saya biduran udah ada 4thunan tapi tak kunjung sembuh .. untuk penyembuhan secara tuntas gimana ya dok ...

  • Lia6 years ago

    Saya terkena biduran ada sekitar 8Bulan, awal nya penyakit tersebut jarang muncul, mungkin sebulan hanya 2kali, tapi setelah berganti2 obat biduran semakin kerap muncul bahkan setiap hari, jika tidak minum obat biduran trsbut langsung muncul, sudah 2minggu ini terjadi, bahkan skrg mata, mulut, wajah pun ikut terkena.adakah pengobatan yg bsa membuat penyakit tersebut tdk muncul lagi..? Insidal, dexteem, alleron, claritin itu obat yg sudah saya gunakan. Trimakasih

  • haykal6 years ago

    penyebab biduran adalah debu, biasanya akan muncul bentol-bentol di tangan dan muka, karena debu hanya mengenai kulit yang terkontak. Tapi, kalau penyebabnya karena makanan, timbulnya biduran bisa menyeluruh di tubuh. 17 april 2006

  • Fewulan6 years ago

    Dok saya dulu biduran mulai dari kecil (waktu itu kelas 2 sd) dulu frekuensi biduren sangat pendek bisa 1 hari sekali saya mesti biduren, kena matahari dikit langsung biduran, keringetan biduren, dingin2 biduran, pokoknya dulu parah banget dok, smp frekuensi nya mulai gak sesering dulu paling 1 bulan sekali tapi sekali muncul seluruh tubuh ku bentol2 semua, sekarang sma frekuensi biduren tiap yg satu sembuh ada bagian lagi yg bentol2, bahkan dlm 1 hari bisa 5 kali terkena biduren pdhl saya gamakan apa yg saya alergikan, beri solusi ya dok terimaksih

  • Tatik6 years ago

    Dok anak sy umur 9 thn sering biduran bahkan hampir tiap hari sdh hampir 1 bln begitu terus sy takut apakah krn penyebabnya dri suntik2 diftery itu ya Dok,,mohon jawab terimakasih God bless

  • Dina6 years ago

    Dok saya udah 1 taun ini kena biduran, sudah berobat ke dokter masih belum sembuh, setiap saya olahraga pasti gatal2 selalu muncul, tolong dong info obat apa yang ampuh utk menyembuhkan

  • Indah5 years ago

    Dok biduran saya sudah dr SD sampai akir kuliah Stlah kerja biduran itu hilang Skrg sudah 3 bln ini timbul lagi Apa yg hrs saya lakukan ya dok Wkt kuliah itu saya smpat memeriksakan pnykit saya k doktr sp kulit Namun enggk jg Tp tiba2 stlah tamat kuliah biduran nya hilang Dan skrg kembli lagi Apa yg harus sya lakukan ya dok

  • ferry chandra5 years ago

    begini dok, saya keturunan alergi biduran. cuman sudah puluhan tahun alergi tersebut tidak timbul, dan belakangan ini (sudah 3-4 bulan) alergi tersebut datang lagi. saya sudah cek di beberapa dokter. dan dokter hanya menyarankan obat anti alergi (ctm / insidal). apakah berbahaya dok jika alergi ini tidak bisa sembuh. karena terkadang alergi saya timbul,dan nafas saya terasa berat (sesak). apakah ada solusi lain selain cek darah ke lab. trimakasih sebelumnya dok.

  • Hartini Farida5 years ago

    Anak saya 5 thn 10 bln. BB 20kg TB 102cm Hampir setiap harip biduran Pagi biduran siang uda sembuh Malam biduran paginya uda sembuh Sudah hampir sebulan timbul terus Berbahaya ga dok?

  • Mhyta5 years ago

    Gini dok anak saya usianya 3th1bln BB 12kg tinggi badan 84cm akhir2 ini sering sekali biduran dan biduran nya yg sering muncul di kepala nya dok dan wajahnya juga bengkak apakah itu bahaya dok??? Dan ini udah seharian bidurannya hilang muncul hilang muncul gtu dok tapi seluruh badannya dok apakah bahaya dok??

  • Khumairoh5 years ago

    Dok saya biduran udah 3 blnan tp skrg ni parah dok,,,,,cz dada terasa sakit,,,kira2 yg saya alami ini biduran ap y dok???