BERITA

156 Hektar Lahan Warga di Kota Ternate Terbakar

"Hutan dan lahan yang terbakar itu tersebar di delapan kelurahan yakni Kulaba, Bula, Tobololo, Takome, Tubo, Moya, Sango dan Facei. "

Idhar Abd Rahman

156 Hektar Lahan Warga di Kota Ternate Terbakar
Kebakaran hutan di Gunung Gamalama Ternate, Maluku Utara terjadi pada Rabu (22/9). (Antara Foto)

KBR, Ternate- Kebakaran hutan dan lahan di Kota Ternate, Maluku Utara mencapai 156 hektar. Hutan dan lahan yang terbakar itu tersebar di delapan kelurahan yakni Kulaba, Bula, Tobololo, Takome, Tubo, Moya, Sango dan Facei.

Ketua Komisi II DPRD Kota Ternate, Fahrial Yunus mengatakan, untuk kelurahan Kulaba, Bula dan Tobololo kebakaran itu belum termasuk kerusakan dalam hutan lindung. Kebakaran itu menghanguskan ribuan pohon pala dan cengkeh milik warga termasuk sejumlah tanaman lainnya.

"Sesuai data yang diperoleh jumlah tanaman warga yang terbakar pada 156 hektar itu untuk pala 10.671 pohon, cengkeh 771, kelapa 191 pohon, kelapa 320 pohon dan kayu manis sebanyak 279 pohon. Untuk pohon mangga dan lain-lain itu tidak terlalu besar," jelas Fahrial kepada KBR.


Fahrial Yunus menambahkan, dinas pertanian setempat sudah melakukan sekat bakar dan melakukan penyuluhan di kelurahan-keluruhan kepada warga pemilik lahan. Selain itu, mereka juga melakukan patroli dan pengawasan terhadap hutan-hutan yang rawan kebakaran untuk mencegah meluasnya kebakaran hutan.

Editor : Sasmito Madrim

  • Karhutla
  • kota ternate
  • DPRD Kota Ternate

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!