BERITA

Tak Ada Pelonggaran Ekspor Mineral dalam Paket Kebijakan Ekonomi

Tak  Ada Pelonggaran Ekspor Mineral dalam Paket Kebijakan Ekonomi

KBR, Jakarta-  Menteri ESDM Sudirman Said memastikan tak akan mengeluarkan kebijakan relaksasi atau pelonggaran untuk ekspor mineral mentah dalam paket kebijakan ekonomi. Sudirman mengatakan pemerintah konsisten untuk hilirisasi, sehingga paket kebijakan yang akan dikeluarkan adalah bagaimana mendorong investasi industri pertambangan untuk  meningkatkan nilai tambah dan dampak ekonomi dalam negeri.


“Kita mengkaji seluruh peluang untuk mengeluarkan seluruh kebijakan yang bisa mendorong perekonomian. Jadi kalau kami di ESDM fokusnya dua, apa yang bisa mengundang investasi, yang kedua yang bisa mendorong kegiatan ekonomi riil di lapangan,“ kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral  (ESDM) Sudirman Said usai rapat bersama menteri ekonomi lainnya di kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (1/9/2015).


Paket kebijakan tersebut, tambah Sudirman masih terus dibahas detailnya. Namun dalam sidang kabinet yang digelar besok, Menko Perekonomian Darmin Nasution akan mempresentasikan paket kebijakan ekonomi kepada Presiden Jokowi. Dan secepatnya akan diumumkan garis besarnya ke media, kemudian secara berkala akan diumumkan bagaimana detailnya. Ini karena paket kebijakan mengharuskan adanya perubahan regulasi supaya industri dapat bergerak cepat.


Sementara itu paket kebijakan di sektor energi dan minerba meliputi banyak aspek seperti Migas, kelistrikan, energi baru dan terbarukan serta minerba. 

Editor: Malika

  • sudirman said
  • ekspor mineral
  • paket kebijakan ekonomi
  • minerba

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!