BERITA

Koalisi Masyarakat Sipil Yakin DPR Loloskan Capim Bermasalah

"Koalisi Masyarakat Sipil perkirakan DPR tetap akan loloskan nama-nama capim KPK yang diduga bermasalah saat uji kelayakan dan kepatutan nanti. "

Komisi Pemberantasan Korupsi. Foto: Antara
Komisi Pemberantasan Korupsi. Foto: Antara

KBR,Jakarta- Koalisi Masyarakat Sipil memperkirakan DPR tetap akan meloloskan nama-nama capim KPK yang diduga bermasalah, saat uji kelayakan dan kepatutan nanti. Nama-nama itu antara lain, Basaria Panjaitan dan Alexander Marwata.

Anggota koalisi dari Indonesia Legal Roundtable (ILR) Erwin Natosmal Oemar beralasan, Basaria Panjaitan memiliki kedekatan dengan salah satu pimpinan partai politik. Selain itu, kata dia, keputusan DPR juga kerap kali berseberangan dengan kemauan publik. Kecuali ada gerakan massa besar yang menuntut DPR untuk tidak memilih calon-calon bermasalah tersebut.

"Menurut pengalaman saya sulit kita berharap kepada DPR. Kecuali memang sudah ada gerakan besar dari masyarakat, yang ingin meminta, mendukung DPR untuk hati-hati memilih calon-calon bermasalah. Menurut saya...tapi kemungkinannya kecil sekali. Ya, menurut saya, dengan nama yang dikirim Pansel, saya pikir awal gelap pemberantasan korupsi sedang mengintai KPK," ujar Erwin, Selasa (1/9/2015).

Pansel KPK meloloskan wakil dari Polri Basaria Pandjaitan sebagai salah satu dari delapan nama calon pimpinan KPK. Setelah diserahkan oleh Pansel KPK, Presiden Joko Widodo mengumumkan delapan nama tersebut. Jokowi mengatakan dari hasil seleksi berdasarkan pengalaman dan integritas delapan nama itu dibagi menjadi 4 sektor, yakni pencegahan, penindakan, management, supervisi dan monitoring.

Editor: Malika

  • nama-nama capim KPK
  • Basaria Panjaitan
  • Alexander Marwata
  • Erwin Natosmal Oemar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!