BERITA

Kabut Asap, 17 Ribu Warga Kalbar Terkena ISPA

"Kasus infeksi saluran pernafasan akud (ISPA) di provinsi Kalimantan Barat hingga periode Juli 2015 mencapai lebih dari 17 ribu kasus."

Ilustrasi ISPA. Foto: Antara
Ilustrasi ISPA. Foto: Antara

KBR,Pontianak- Kabut asap yang terjadi sejak beberapa bulan terakhir di Kalimantan Barat mengakibatkan ribuan warga terkena Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Data Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menyebutkan dalam kurun Juli hingga Agustus 2015 terjadi lebih dari 17 ribu kasus ISPA.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Hazairin, mengatakan, dari jumlah kasus ISPA yang ada tersebut dibagi kedalam 2 kategori. Yaitu, pneumonia dan non pneumonia. Jumlah kasus ISPA dari kategori non pneumonia sebanyak lebih dari 16 ribu kasus. 

Andi Jap menghimbau warga untuk menjaga kesehatan sebab alat ukur kualitas udara mencatat Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) berada pada angka 100-200ppm atau masuk dalam kategori tidak sehat. 

“Kalau yang non pneumonia jumlahnya itu sudah sekitar 16 ribuan, kalau yang pneumonia itu sekitar 1800. Nah, sekarang yang jadi perhatian kita adalah yang pneumonia karena justru sebagian besar pada kelompok anak dan balita. Kalau yang non pneumonia itu seperti batuk-batuk biasa hingga sakit tenggorokan biasa. Artinya asap ini bukan penyebab langsung, ini hanya faktor yang bisa semakin memperberat,” ujar Andi Jap kepada KBR di Pontianak, Jumat, (4/9/2015).

Andi Jap menambahkan saat ini stok masker Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat mencapai 400 ribu lebih. Sebanyak 50 ribu lembar masker telah dibagikan kepada masyarakat.

Editor: Malika

  • ISPA
  • kasus ispa
  • kalimantan barat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!