NASIONAL

Sepi Peminat, Pansel Ombudsman Perpanjang Pendaftaran

"Perpanjangan sampai 3 September mendatang."

Tim pansel Ombdusman saat memberikan keterangan kepada media di Kantor Sekretariat Negara, Jumat (28
Tim pansel Ombdusman saat memberikan keterangan kepada media di Kantor Sekretariat Negara, Jumat (28/8/2015). Mereka adalah Agus Pambagio (paling kiri), Zumrotin Soesilo (tengah berbicara), Agus Dwiya

KBR, Jakarta- Panitia Seleksi (Pansel) Ombudsman Republik Indonesia (ORI) memperpanjang masa pendaftaran jabatan anggota Ombudsman. Anggota Pansel Ombudsman Zumrotin Soesilo mengatakan ini lantaran selama tiga minggu masa pendaftaran, baru 163 orang yang mendaftar. Ia membandingkan jumlah itu sangat sedikit dibanding seleksi pimpinan KPK yang pendaftarnya mencapai 611 orang. Padahal fungsi KPK maupun Ombudsman sama pentingnya.

"Ombudsman itu adalah memantau pelayanan publik yang korupsinya biasanya dibayar oleh masyarakat langsung. Atas dasar itulah Ombudsman harus diperkuat karena posisinya sangat strategis. Dia itu akan membantu masyarakat yang selama ini masih harus menyogok kecil-kecilan supaya bisa terhindar," kata Zumrotin di Kantor Sekretariat Negara, Jumat (28/8/2015).

"Nah kita berharap putra-putri bangsa tertarik untuk mendaftar Ombudsman yang memang mungkin namanya saja belum banyak dikenal," ujarnya lagi.

Zumrotin menambahkan, pendaftaran akan diperpanjang hingga 3 September 2015 hingga pukul 16.00 WIB. Syarat dan dokumen yang dibutuhkan sudah dipublikasikan di laman www.setneg.go.id.

Nantinya selepas kandidat mengikuti seluruh rangkaian seleksi, pansel akan memberikan 18 nama ke Presiden Joko Widodo. Untuk kemudian dipilih sembilan komisioner Ombudsman. 

Editor: Dimas Rizky

  • Ombudsman

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!