BERITA

Sebanyak 13 Ribu Pekerja Asal Tiongkok Saat ini Bekerja di Indonesia

Sebanyak 13 Ribu Pekerja Asal Tiongkok Saat ini Bekerja di Indonesia

KBR, Jakarta- Dirjen Imigrasi Ronny Sompie mencatat ada sekitar 16 ribuan warga negara Tiongkok yang saat ini bekerja di Indonesia. Tiongkok juga menempati posisi pertama sebagai negara yang paling banyak bekerja di Indonesia, disusul jepang dan Korea Selatan.

Ini berdasarkan catatan sejak Januari Hingga Agustus 2015. Visa bekerja yang diberikan kepada warga negara Tiongkok berdasarkan catatannya diberikan paling lama selama 6 bulan.

"Pengawasannya jadi ketika mereka tiba ke Indonesia melalui pemeriksaan Imigrasi ada 122 tempat imigrasi baik di bandar udara, pelabuhan laut atau perbatasan darat kita lakukan pemeriksaan di sanalah kita mulai pemeriksaan untuk lanjutkan pengawasannya sesuai akomodasi tempat tinggal mereka," ujarnya di Istana Presiden, Senin (31/8/2015)

Dirjen Imigrasi Rony Sompie menambahkan paling banyak yang melanggar aturan imigrasi di antaranya berasal dari Tiongkok berjumlah 9200an kasus pelanggaran, disusul Australia sebanyak 400an kasus. Kata dia, mereka melanggar ketentuan imigrasi.

Sementara itu, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Panjaitan menegaskan tidak ada pekerja tiongkok yang berbondong- bondong datang ke Indonesia. Menurut catatannya, ada sekitar 13 ribu pekerja Tiongkok yang ada di Indonesia saat ini. Dia menyatakan kebanyakan dari mereka merupakan tenaga ahli. 

Editor: Malika

  • Pekerja asing
  • pekerja tiongkok
  • Dirjen Imigrasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!