BERITA

Karhutla Meluas, BNPB Upayakan Pemadaman Lewat Udara

"Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera dan Kalimantan kian meluas ke Sumut, Sumbar, Riau, Jambi dan Sumsel."

Aika Renata

Karhutla Meluas, BNPB Upayakan Pemadaman Lewat Udara
Ilustrasi. Kebakaran hutan dan lahan. Foto: Antara

KBR, Jakarta- ­ Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB terus melakukan pemadaman api lewat udara melalui water­bombing dan hujan buatan di sejumlah daerah dalam dua pekan terakhir ini. Antara lain di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Menurut Juru Bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terpusat di Sumatera Selatan dengan 224 titik api. Meski begitu, ia mengklaim jarak pandang di sejumlah daerah, misalnya Riau, berangsur membaik. 

"Kalau kebakarannya hampir semua lahan perkebunan dan hutan ini menyebar semua. BNPB juga mengoperasikan water bombing baik di Riau, Jambi, Sumsel sehingga kami dapat satelit secara real time pengamatan langsung di udara," ujar Sutopo, Senin (31/8/2015).

Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera dan Kalimantan kian meluas ke Sumut, Sumbar, Riau, Jambi dan Sumsel. Asap di Sumut dan Sumbar sebagian besar berasal dari Riau, Jambi, dan Sumsel yang terbawa angin ke Utara­Timur Laut. Sebagian besar kualitas udara tidak sehat. Meski begitu, Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger mengklaim kondisi cuaca dan aktivitas warga sudah kembali normal. 

Editor: Malika

  • Karhutla
  • Karhutla Riau
  • kebakaran hutan dan lahan
  • BNPB

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!