BERITA

Ganjar Janji Tuntaskan Kisruh Urut Sewu

"Hasil pertemuan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Panglima Daerah Militer IV Diponegoro Mayor Jenderal Jaswandi, solusi negosiasi Urut Sewu."

Nurul Iman

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Foto: Antara
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Foto: Antara

KBR,Semarang-  TNI dan warga akan berdialog menyelesaikan permasalahan terkait dengan kepemilikan sekaligus penggunaan lahan di kawasan Urut Sewu, Kabupaten Kebumen membuahkan solusi untuk bernegosiasi.

Kesepakatan itu dicapai setelah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi melakukan pembicaraan secara tertutup di rumah dinas gubernur pada Rabu petang lalu (26/8) guna menyelesaikan permasalahan di kawasan Urut Sewu. 

"Kita sepakat (menempuh jalan damai dan tidak ada bentrokan lagi), bahkan Pak Pangdam (Panglima Daerah Militer IV/Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Jaswandi) memberikan untuk kita bisa berdialog. Kalau kita bisa berdialog dengan mereka, satu persatu kita akan bisa selesaikan. Maka sepakat kita sama-sama jangan ada bentrok lagi, sama semua menyesalkan koq soal itu," kata politikus PDIP itu di Semarang, Jumat (28/8/15).

Menurut Ganjar, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi berusaha akomodatif dan siap berkomunikasi dengan semua pihak, termasuk masyarakat di kawasan Urut Sewu. Bahkan Pangdam juga menyampaikan sebelum ada keputusan final, dia akan tetap mendampingi sehingga konfliknya tidak kemana-mana.


"Kalau dari sisi fungsi dan sebagainya, Pangdam meminta izin karena sudah sejak dulu menggunakan kawasan Urut Sewu untuk melakukan uji balistik dan latihan para taruna, tapi soal batas wilayah yang tidak jelas itu mohon kiranya kita saling menahan diri untuk sabar menunjukkan fakta serta data yang dimiliki," ujarnya.


Lebih lanjut Ganjar menerangkan, solusi yang bisa dilakukan dalam waktu dekat adalah kedua belah pihak (TNI dan warga) duduk bersama dengan membawa bukti kepemilikan tanah, kemudian data-data dari masing-masing pihak itu diverifikasi bersama.


Ganjar mengaku dirinya sudah di hubungi oleh Komisi I DPR RI untuk segera menyelesaikan permasalahan Kawasan Urut Sewu.

"Untuk era Pangdam sekarang dan era saya disini, saya ingin semua ini tuntas", tegasnya. 

Editor: Malika

  • kawasan Urut Sewu
  • hak kepemilikan lahan
  • penggunaan lahan Urut Sewu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!