BERITA

DPR Desak Pemerintah Segera Beri Ganti Rugi Petani Terdampak Kekeringan

"Wakil Ketua Komisi Pertanian DPR Herman Khaeron mengatakan pemerintah perlu bergerak cepat memberikan bantuan dan membangun embung-embung air di daerah kekeringan. "

Yudi Rachman

DPR Desak Pemerintah Segera Beri Ganti Rugi Petani Terdampak Kekeringan
ilustrasi lahan kekeringan. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Komisi Pertanian DPR mendesak pemerintah menyiapkan langkah antisipasi dampak kekeringan bagi petani. Wakil Ketua Komisi Pertanian DPR Herman Khaeron mengatakan, pemerintah perlu bergerak cepat memberikan bantuan dan membangun embung-embung air di daerah kekeringan. Selain itu, pemerintah juga harus memberikan bantuan kepada petani yang mengalami gagal panen akibat kekeringan.

"Ke depan saya kira ini yang harus dipersiapkan justru di masa sekarang ini adalah membuat embung-embung di daerah endemik kekeringan. Kedua, bagaimana segera menerapkan asuransi pertanian sehingga ketika petani terkena gagal panen kemudian pada masa tanam yang akan datang harus bisa menanam kembali. Ketiga, masa setelah gagal panen sampai ke masa tanam harus ada bantuan dari pemerintah sehingga petani merasa pemerintah hadir menuntaskan gagal panen mereka," jelas Wakil Ketua Komisi Pertanian Herman Khaeron kepada KBR, Minggu malam (2/8/2015).


Herman Khaeron juga mendesak perlunya pembentukan bank petani agar kejadian gagal panen bisa diasuransikan lewat perbankan. Dia juga meminta pemerintah memberikan bantuan padat karya kepada petani selama menunggu musim tanam selanjutnya. 

Editor: Malika

  • dampak kekeringan
  • sawah kekeringan
  • ganti rugi petani
  • bantuan pertanian
  • kekeringan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!