HEADLINE

Pekan Depan, PPATK Minta Data Rekening Calon Kepala Daerah

Pekan Depan, PPATK Minta Data Rekening Calon Kepala Daerah

KBR, Jakarta- Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan PPATK akan meminta KPU menyerahkan data nomor rekening kampanye milik calon kepala daerah. Wakil Ketua PPATK, Agus Santoso mengatakan, lembaganya memiliki kerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu untuk melakukan penelusuran aliran uang milik calon kepala daerah.

Kata dia, apabila ditemukan transaksi mencurigakan, maka PPATK akan menyerahkan data itu kepada Bawaslu dan aparat hukum untuk ditindaklanjuti.

"Minggu depan mungkin kita tindaklanjuti, ini kan masih proses pendaftaran. Saya sudah meminta secara institusi PPATK meminta kepada KPU untuk meminta nomor rekening dana kampanye kepada para calon. Nomor rekening dana kampanye itu disampaikan kepada PPATK supaya kami memantau rekening-rekening itu. Kita minta secara sukarela memberikan nomor rekening dana kampanye itu dan dipublikasikan," jelas Wakil Ketua PPATK Agus Santoso kepada KBR, Rabu (29/7).

Agus Santoso menambahkan, lemnbaganya juga sudah memetakan nomor rekening calon kepala daerah yang berasal dari petahana. Kata dia, PPATK sudah memberikan label merah kepada nama-nama tersebut agar dilakukan pengawasan lebih ketat.

Editor: Dimas Rizky

  • demokrasi
  • pemilukada serentak
  • pemilihan
  • berita

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!