BERITA

Basarnas Imbau Pengelola Pendakian Perketat Aturan Bagi Pendaki

"Selain aturan yang ketat, kata Kepala Basarnas Jawa Tengah, Agus Haryono, pengelola juga harus memastikan kelengkapan alat pendakian serta kemampuan darurat para pendaki. "

Basarnas Imbau Pengelola Pendakian Perketat Aturan Bagi Pendaki
Ilustrasi pendaki di Gunung Lawu. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Kepala Basarnas Jawa Tengah, Agus Haryono meminta pengelola izin pendakian memperketat aturan. Termasuk menyeleksi usia dan pengalaman para pendaki.

Selain aturan yang ketat, kata Agus, pengelola juga harus memastikan kelengkapan alat pendakian serta kemampuan darurat para pendaki. Itu dilakukan agar insiden hilangnya tujuh pendaki pemula yang masih remaja dan anak-anak di Gunung Lawu tak terjadi kembali.

"Kami berharap pemerintah daerah setempat, pengelola atau relawan bisa memperketat izin. Menyeleksi tiap pendaki yang akan mendaki, sehingga tidak akan membahayakan pendaki itu," katanya kepada KBR (30/7/2015).


Tim SAR gabungan dari Basarnas dan Relawan Anak Gunung Lawu berhasil menemukan pendaki muda yang hilang kontak sejak Sabtu 25 Juli lalu.

Lima remaja dan dua pendaki anak-anak itu ditemukan pada pukul 16.22 WIB kemarin, dalam kondisi sehat. Juru Bicara Basarnas Surakarta Yuhan menyebut, ketujuh pendaki ditemukan di lokasi sekitar Sendang Derajat.


Editor: Quinawaty Pasaribu

  • aturan pendaki
  • imbauan Basarnas
  • Relawan Anak Gunung Lawu
  • Pendaki Lawu Hilang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!