BERITA

Presiden Jokowi Bahas Keamanan Perbatasan Laut dengan Filipina-Malaysia

" Kerjasama patroli bersama antara Indonesia, Malaysia dan Filipina di perairan perbatasan merupakan butir pertama pembahasan"

Ninik Yuniati

Presiden Jokowi Bahas Keamanan Perbatasan Laut dengan Filipina-Malaysia
Presiden Jokowi berdiskusi mengenai keamanan perbatasan laut dengan Menlu& Panglima Filipina-Malaysia di Yogyakarta, Kamis 5 Mei 2016. Foto: Setkkab

KBR, Yogyakarta - Pertemuan Presiden Jokowi dengan menteri luar negeri dan panglima tentara Filipina dan Malaysia di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Kamis 5 Mei 2016 membahas empat poin kerjasama peningkatan keamanan perbatasan. Kerjasama patroli bersama antara Indonesia, Malaysia dan Filipina di perairan perbatasan merupakan butir pertama pembahasan.

"Yang akan didetailkan yaitu kerjasama untuk patroli bersama, nanti di lapangan seperti apa, bagaimana kerjasamanya," kata Presiden Joko Widodo usai menerima kunjungan kehormatan Menlu dan Panglima Tentara Nasional dari ketiga negara tersebut.

Para Menlu tersebut adalah Retno Marsudi dari Indonesia, Dato' Sri Anifah Aman dari Malaysia dan Jose Rene D Almendras dari Filipina. Sementara Panglima Angkatan Bersenjata adalah Jendral TNI Gatot Nurmantyo dari Indonesia, Tan Sri Dato' Sri Jenderal Zulkifeli Mohd Zin dari Malaysia dan Laksamana Madya Caesar Taccad dari Filipina.

Hal kedua yang akan dibahas adalah tentang respon yang akan dilakukan jika terjadi tindakan di lapangan. "Kalau ada kejadian di lapangan tindakan apa yang dilakukan," kata Presiden.

Ketiga, pertemuan itu akan membicarakan mengenai tukar-menukar informasi secara cepat. "Ini akan dilakukan dengan membuat hotline, antara crisis center di sini, di Indonesia dan Filipina dan Malaysia," jelas Presiden.

Pembahasan standard operational prosedur merupakan hal keempat yang akan dibahas. "Kami arahkan untuk membuat standard operational prosedur yang jelas sehingga step-step bisa kita tindak bersama," ungkap Presiden.

Hal tersebut, lanjut Presiden akan dirinci pada pertemuan trilateral.  Presiden berharap kerja sama ke depan antara tiga negara dapat menyelesaikan masalah yang ada. Turut mendampingi Presiden, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.


Editor: Damar Fery Ardiyan

  • perbatasan indonesia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!