BERITA

Pemerintah Pastikan Lanjutkan Proyek Hambalang

"Presiden Jokowi memberikan target evaluasi menyeluruh tersebut hingga bulan April atau Mei tahun 2017 mendatang."

Pemerintah Pastikan Lanjutkan Proyek Hambalang
Presiden Jokowi tinjau proyek wisma atlet di Hambalang. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Pemerintah memastikan bakal meneruskan pembangunan proyek wisma atlet di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hanya kelanjutan proyek tersebut baru dapat dilakukan pada 2017 mendatang. Sekretaris Kabinet, Pramono Anung beralasan, Presiden Jokowi meminta dilakukan evaluasi kembali secara menyeluruh terkait proyek tersebut.

"Nah karena syaratnya ini juga masih panjang, presiden meminta untuk dilakukan evaluasi menyeluruh. Kemudian dilakukan audit termasuk aspek hukumnya dan kelayakan-kelayakan lainnya termasuk apakah perlu dilakukan re-design terhadap yang ada. Karena IMB-nya itu hanya ada untuk tiga lantai, tapi kenyataannya sudah dibangun enam lantai," ujarnya usai melakukan rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden sore tadi.


Pramono menambahkan, pemerintah belum memutuskan apakah bangunan tersebut tetap digunakan untuk wisma atlit dan pelatihan olah raga atau bukan. Kata dia, Presiden Jokowi memberikan target evaluasi menyeluruh tersebut hingga bulan April atau Mei tahun 2017 mendatang.


"Presiden meminta pada April atau Mei 2017 sudah harus final. Mau dalam bentuk apa, grand design-nya bagaimana, kemudian sekali lagi secara aspek hukum dan aspek-aspek lainnya juga harus sudah selesai," imbuhnya.


Sebelumnya, dalam rapat terbatas tanggal 30 Maret 2016, Presiden Joko Widodo menugaskan Menteri PU dan Perumahan Rakyat untuk melakukan audit teknis terkait rencana rekonstruksi dan pemanfaatan kompleks Hambalang.

Audit teknis diperlukan untuk mengetahui tingkat kerusakan struktur bangunan, mengetahui stabilitas tanah serta tata saluran air komplek Hambalang. Jokowi juga menginstruksikan dilakukan audit hukum dan audit keuangan.

Editor: Sasmito Madrim

  • Proyek Hambalang
  • Audit Hambalang
  • Sekretaris Kabinet Pramono Anung
  • korupsi wisma atlet

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!