BERITA

PAN Siap Bantu Pemerintah Selesaikan Kasus HAM Masa Lalu

PAN Siap Bantu Pemerintah Selesaikan Kasus HAM Masa Lalu

KBR, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku siap mendukung upaya Pemerintah dalam penuntasan kasus-kasus pelanggaran HAM berat masa lalu. Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan, hal tersebut harus dilakukan agar kasus pelanggaran HAM berat masa lalu tidak menjadi beban sejarah bangsa Indonesia.

"Nah soal PKI ini pelanggaran HAM berat ini banyak, ini harus kita selesaikan jangan sampai ini jadi beban sejarah, caranya bagaimana, kita serahkan kepada Pemerintah, PAN pasti dukung," ujarnya di acara Rekernas PAN, di Jakarta.

Zulkifli juga meminta masyarakat tidak reaktif menanggapi isu kebangkitan PKI. Pasalnya menurut dia, hal itu hanya akan menjadikan masalah baru bagi masyarakat. 

"Soal PKI saudara-saudara sekali lagi saya sampaikan jangan terlalu reaktif. Musuh nyata kita itu bukan itu menurut saya. Musuh nyata yang sekarang kita hadapi itu adalah masalah kesenjangan," ujarnya.

"Yang punya, punya sekali, yang tidak punya, tidak punya sekali. Itu individu, begitu juga kesenjangan antara pusat dan daerah. Itu kota solo, kota Semarang, kota Surabaya, kota Jakarta itu apa saja ada. Film Hollywood ada. Kota Mubagu soaudara-saudara itu namanya saja kota, tetapi seperti desa. Penduduknya masih ada yang belum punya jamban, bayangkan itu kota. Apalagi Maluku, Maluku Utara anggarannya berbasis jumlah penduduk dan daratan cuma 1,5 triliun padahal kota Jakarta 80 triliun bagaimana bisa mengejar," ujarnya.

Baca juga: Presiden Didesak Manfaatkan Dukungan Politik untuk Selesaikan Kasus HAM Masa Lalu

Editor: Sasmito Madrim 

  • partai amanat nasional
  • isu PKI
  • kasus pelanggaran ham

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!