EDITORIAL

Logika Kiri ala Menhan

"Presiden memerintahkan agar isu kebangkitan PKI ditangani dengan tetap menghormati demokrasi dan hak asasi manusia seperti isi Tap MPR tahun 2003."

KBR

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu. (Foto: Antara)
Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu. (Foto: Antara)

Pekan lalu Presiden Joko Widodo meminta Panglima TNI dan Kapolri tidak sewenang-wenang melakukan sweeping atau razia terkait isu kebangkitan komunisme. Presiden memerintahkan agar isu kebangkitan PKI ditangani dengan tetap menghormati demokrasi dan hak asasi manusia seperti isi Tap MPR tahun 2003.

Pancasila memang harga mati di Republik ini. Sikap menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara harus diapresiasi.

Tapi belakangan publik gaduh dengan pernyataan-pernyataan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang seolah melawan perintah Presiden.

Jika Wakil Presiden Jusuf Kalla meyakini komunisme tidak mungkin bangkit lagi, Menteri Ryamizard justru meyakini bahaya laten komunis sudah di depan mata. Ryamizard bahkan mengultimatum agar orang-orang berpaham kiri keluar dari Indonesia jika tidak mau mengakui Pancasila.

Sang Menteri sepertinya lupa, banyak pendiri Republik dan pahlawan yang berpikiran kiri, mulai dari Tan Malaka, Syahrir, hingga Presiden Soekarno. Sebagai anak dari pendukung Soekarno, Ryamizard seperti tidak membaca pernyataan Bung Karno bahwa Pancasila adalah ideologi kiri. Pancasila itu kiri karena unsur utamanya adalah keadilan sosial yang antipenindasan dan antikapitalisme.

Menteri Pertahanan Ryamizard jelas salah kaprah menerjemahkan semua orang yang berpikiran kiri sebagai komunis, atau semua buku-buku kiri sebagai buku ajaran PKI.

Ryamizard juga terlihat mendua. Di satu sisi ia reaktif terhadap isu kebangkitan komunisme yang belum jelas apa siapa dan dimananya. Di sisi lain, ia diam dan mengabaikan ancaman yang ada di depan mata: yaitu keinginan mengganti Pancasila dengan khilafah. Padahal suara-suara Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang ingin mengganti Pancasila begitu terang benderang dimana-mana.

Ryamizard memang orang keras. Dahulu ia menolak perjanjian damai Helsinki. Belakangan, ia juga menolak perintah Presiden Joko Widodo agar ada pencarian kuburan massal korban-korban tragedi 1965-1966. Pencarian kuburan massal untuk mengungkap kebenaran sejarah masa lalu dan untuk memberi keadilan bagi para korban, seolah-olah tidak masuk akal baginya.

Kegaduhan yang ditimbulkan Menteri Ryamizard itu sepertinya tidak baik bagi demokrasi kita.


  • PKI
  • ryamizard ryacudu
  • komunisme
  • khilafah

Komentar (6)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Meter banyu8 years ago

    Memang slh dgn Khilafah? Sdh terbukti ratusan tahun membawa keadilan buat umat dan non muslim, kok anti bgt. Padahal sistem syariat sesuai hukum Allah Yang Maha Adil. Ingin mengganti sesuatu ke yg lebih baik kok pada takut.

  • Garaban Keling8 years ago

    PKI harus musnah dari bumi pertiwi. Dosanya terlalu besar. Ganyang komunisme dan marxisme dari Indonesia. Maju terus Jenderal Ryamizard...

  • painem8 years ago

    Pernyataan Menhan dan Menteri yang lain bertujuan agar tidak terjadi konflik yang dapat membahayakan keutuhan Bangsa.... maju terus... konsep itu sudah benar...

  • Fatih Sulaiman8 years ago

    Shouldn't this article be on news section. Too much personal opinion!

  • kuning8 years ago

    Yang tertulis ttg kiri dibuku, hanya menjadi rujukan ttp bergantung orgnya memandang baik atau tidak sebuah faham, namun yg didepan mata saat ini, seperti HTI yg terang2an ingin mengganti ideologi pancasila, harus dijinakan.. Sejarah selalu berulang, banyak pengorbanan untuk mengadakan sebuah idoelogi dan meniadakan yg lainnya, lebih baik kita jaga yg sudah ditegakan dg ribuan pengerbanan, bukankah dg begitu lbh menghargai pendahulu bangsa? Ada ruginya kah? Depand of our perspective..

  • Mata Hatiku8 years ago

    Pancasila adalah negara yang bersumber dari sebagai dasar dan ideologi bangsa. Sudah benar apa yang diungkap Menhan Ryamizard bahwasanya ideologi kita berdasarkan pancasila. Dan secara jelas yang namanya ideologi kiri, yahhhh bersumber dan merempet-rempet dengan sosialisme. Sudahlah. Komunisme merupakan ideologi yang hancur dan berantakan. Tidak cocok di dunia manapun. Orang yang memasarkan ideologi komunisme berarti mereka telah pening mikirin dunia. capeee dehhh.