BERITA

Ketua RT Sorosutan Tak Permasalahkan Aktivitas AJI Yogya

Ketua RT Sorosutan Tak Permasalahkan Aktivitas AJI Yogya

KBR, YogyakartaKetua RT 28 Pakel Baru Sorosutan, Aris Widiyanto, mengaku dirinya tidak mempermasalahkan kegiatan yang dilakukan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta. Aris mengatakan, AJI telah menempati daerah Pakel Baru Sorosutan lebih dari 2 tahun dan tidak pernah ada keluhan dari warga sekitar.

" Kalau saya ya sebenarnya tidak apa - apa dengan AJI, karena sudah izin namun lisan. Namun setelah kejadian itu, kami mau rapat karena ada yang menolak namun ada yang tidak ," ujar Aris saat ditemui di rumahnya, Jumat (6/5).

Untuk mencegah kejadian serupa,  Aris meminta AJI  menulis surat izin tertulis dan mengajak warga untuk bergabung dalam acara. 

Sementara itu, hari ini AJI mengadakan pertemuan dengan pemilik rumah kontrakan, Yanto.
Yanto mengatakan tidak akan melakukan pengusiran kepada AJI terkait peristiwa World Press Freedom. 

Dirinya mengaku menyerahkan kepada keputusan warga. "Masalah rumah saya belum bersikap, saya menyerahkan kepada warga. Tadi saya ketemu Pak RT rencananya mau ada pertemuan dengan warga," ujar Yanto saat ditemui di rumahnya.

Sebelumnya, polisi membubarkan acara pemutaran film Pulau Buru Tanah Air Beta di Sekretariat AJI Yogyakarta. Pemutaran film tersebut dalam rangka memeringati hari kebebasan pers sedunia di Sekretariat AJI Yogyakarta. Polisi menilai pemutaran film mengenai kehidupan tahanan politik itu tidak memiliki izin dan ada penolakan dari warga sekitar.  AJI menuding polisi mengintimidasi dan memengaruhi warga agar mereka diusir dari kantornya.  

Editor: Malika

  • AJI Yogyakarta
  • Pulau Buru Tanah Air Beta
  • hari kebebasan pers

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!