BERITA

Kawal Paket Kebijakan Ekonomi, Jokowi Bentuk Satgas

""Task force yang mengawal dalam pelaksanaan, mengawal ke daerah, mengawal sampai ini betul-betul berjalan.""

Ninik Yuniati

Kawal Paket Kebijakan Ekonomi, Jokowi Bentuk Satgas
Presiden Jokowi memimpin Rapat Terbatas membahas evaluasi Paket Kebijakan Ekonomi, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (24/5) sore. (Foto: Jay Setkab)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo memerintahkan Menko Perekonomian untuk membentuk satuan tugas (satgas) untuk mengawal paket kebijakan ekonomi. Kata dia, satgas ini berperan untuk memastikan kebijakan ekonomi I hingga 12   terlaksana di lapangan.

Satgas tersebut nantinya akan berada langsung di bawah presiden.

"Untuk mengawal jalannya paket 1-12 ini berjalan baik. Saya juga ingin nanti Pak Menko membentuk task force yang mengawal dalam pelaksanaan, mengawal ke daerah, mengawal sampai ini betul-betul berjalan. Saya tidak ingin nanti semua regulasinya sudah selesai, tapi karena tidak dikawal dalam pelaksanaan, tidak dikawal ke daerah, sampai jalan, nanti akan ada hambatan-hambatan lagi di lapangan," kata Jokowi di kantor Presiden, Selasa (24/5/2016).

Jokowi menambahkan, total regulasi yang dihasilkan dalam 12 paket kebijakan mencapai 200an. Jokowi mengklaim hanya tinggal 5 persen regulasi yang belum rampung. 

"Dari 203 total regulasi yang masuk dalam paket ekonomi 1 sampai 12, 193 sudah selesai artinya sudah selesai 95 persen, hanya tinggal 10 regulasi atau 5 persen yang masih finalisasi pembahasan," terang Jokowi.

Jokowi menginginkan paket-paket deregulasi tersebut mampu meningkatkan kepercayaan pelaku ekonomi. 

"Saya ingin agar langkah-langkah deregulasi ini betul-betul memberikan dampak psikologis yang positif, dengan menguatnya kepercayaan para pelaku ekonomi dan kepercayaan itu harus betul-betul dijaga dengan konsistensi keberlanjutan maupun perubahan nyata di lapangan," ujar dia. 

Selain itu, Jokowi mendesak ada perubahan nyata yang diwujudkan dengan kebangkitan industri dan juga penguatan usaha kecil menengah

"Saya ingin menekankan langkah-langkah perbaikan dalam semua paket-paket kebijakan harus betul-betul berjalan di lapangan, sehingga akhirnya berdampak pada naiknya investasi, adanya penguatan sektor UMKM, adanya kebangkitan industri serta peningkatan ekspor kita," tutur Jokowi. 

Editor: Rony Sitanggang

  • satgas paket kebijakan ekonomi
  • presiden joko widodo
  • deregulasi presiden joko widodo

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!