BERITA

JK: Tak Salah Kalau Caketum Golkar Sumbang 1 M

"Hanya dia tidak ingin itu menjadi syarat pencalonan. Menurut JK, uang sebanyak itu bisa ditujukan untuk membantu panitia Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar"

Randyka Wijaya

JK: Tak Salah Kalau Caketum Golkar Sumbang 1 M
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) memberikan sambutan saat acara pengukuhan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) 2015-2020 di Jakarta, Kamis (5/5). Foto ANTARA

KBR, Jakarta - Wakil Presiden sekaligus politisi senior partai Golkar Jusuf Kalla menganggap setoran 1 miliar bagi calon ketua umum (caketum) Golkar wajar. Hanya dia tidak ingin itu menjadi syarat pencalonan. Menurut JK, uang sebanyak itu bisa ditujukan untuk membantu panitia Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar.

"Sebenarnya formatnya salah. Kalau menyumbang untuk panitia kan tidak ada soal. Bukan bahasanya, tujuannya yang dirubah. Bukan syarat untuk orang mendaftar tetapi berpartisipasi dalam kepanitiaan. Semua orang bergotong royong untuk membantu panitia kan itu tidak ada salah kalau menyumbang kan asal jelas dari mana," kata Jusuf Kalla di Jakarta International Expo Kemayoran, Kamis (05/05/2016).

Kemarin, Wakil Ketua Komite Etik Munaslub Golkar, Lawrence Siburian mengakui adanya larangan setoran Rp 1 miliar dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ini lantaran KPK menganggap uang tersebut bisa berasal dari penyelenggara negara yang mencalonkan diri. Di mana itu bisa dikategorikan dalam gratifikasi.


Editor: Damar Fery Ardiyan

  • golkar
  • munaslub golkar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!