BERITA

Ini 2 Negara Suaka Pajak Favorit WNI Versi Menkeu

""Menggunakan SPV di negara lain, dia buka di satu dari dua negara lain tadi. Lengkap nomor rekening dan domisili""

Ini 2 Negara Suaka Pajak Favorit WNI Versi Menkeu

KBR, Jakarta- Kementerian Keuangan mengungkap ada dua negara  suaka pajak favorit orang Indonesia. Kata Menkeu Bambang Brodjonegoro, banyak orang Indonesia membuka rekening di British Virgin Island dan Cook Island.

"Modus penyimpanan uangnya, nama tidak muncul sebagai nama pribadi, tapi nama special purpose vehicle. SPV ini umumya dibuat di negara tax havens. Ini menyebar di berbagai negara. Menggunakan SPV di negara lain, dia buka di satu dari dua negara lain tadi. Lengkap nomor rekening dan domisili," kata Bambang di gedung DPR, Senin(23/5/2016).

Data yang disimpan Kemenkeu menunjukkan ada 6.519 Warga Negara Indonesia menyimpan uangnya di luar negeri. Identitas mereka, kata Bambang, sudah disimpan oleh Kemenkeu sebagai calon target penerima tax amnesty. Data tersebut lengkap dengan nama SPV dan pemilik uang sesungguhnya, nomor paspor, serta nomor rekening.

Pemerintah menargetkan penerimaan dari kebijakan tax amnesty ini bisa mencapai 160-180 triliun. Pemerintah optimis kebijakan ini akan lolos dari proses di parlemen. Maka, Bambang mengatakan, mereka akan memasukkan target penerimaan tersebut ke APBNP 2016.

Pemerintah berharap dengan kebijakan ini bisa menambah basis pajak Indonesia. Dengan meningkatnya basis pajak, otomatis kata Bambang, penerimaan pajak ke depannya juga meningkat. Sebab, para wajib pajak yang melapor diminta untuk menyimpan uangnya beberapa tahun di Indonesia.

Bambang menjelaskan uang yang diterima ini akan disalurkan untuk investasi dalam bentuk Surat Berharga Negara, saham yang dikunci, real estate, deposito bank, dan capital fund.

Saat ini, RUU Tax Amnesty sudah masuk pembahasan oleh Panja yang diketuai oleh Soepriyatno dari Gerindra. Soepriyatno mengatakan hingga rapat pembahasan pertama panja hari ini, daftar masalah RUU ini belum dikelompokkan. 

Editor: Rony Sitanggang

  • tax haven
  • ruu tax amnesty
  • Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro
  • special purpose vehicle

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!