BERITA

Dihantam Ombak, 60 Kapal Nelayan di Baron Rusak

Dihantam Ombak, 60 Kapal Nelayan di Baron Rusak

KBR, Yogyakarta- Sekitar 60 kapal nelayan di Pantai Baron Gunungkidul rusak terkena hantaman ombak. Keterangan koordinator Tim SAR pantai wilayah Gunungkidul Marjono, gelombang tinggi di pantai selatan mencapai 5 meter sejak dua terakhir. Puncaknya gelombang tinggi terjadi tadi semalam hingga hari ini.

Menurut Marjono, walaupun tidak ada korban jiwa, namun nelayan mengalami kerugian hingga puluhan juta.

"Gelombang tinggi menyapu daratan sampai 10 meter, akibatnya 60 kapal nelayan yang diparkir dibibir pantai rusak dibagian sayap, dan nelayan tidak dapat melaut,"  ujar Marjono kepada KBR, Selasa (24/5).

Sejak tadi malam, gelombang tinggi yang biasanya datang pukul 20.00 WIB juga telah menghancurkan warung makanan yang dimiliki warga. "Saat ini kami masih mendata jumlah kerusakan karena diperkirakan gelombang tinggi masih akan terjadi lagi," tutur Marjono.

Untuk meminimalkan terjadinya korban jiwa, saat ini Tim SAR melarang pengunjung mendekati wilayah pantai.

Berdasarkan data dari Badan Metereologi Klimatogi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, potensi gelombang tinggi akan terus terjadi hingga tiga hari kedepan. Gelombang tinggi ini disebabkan kecepatan angin dari wilayah timur yang mencapai 15 knots,padahal biasanya kecepatan angin normal hanya 8 knots. 

Editor: Dimas Rizky

  • gelombang tinggi
  • kapal nelayan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!