BERITA

Presiden: RI Akan Tetap Bantu Tampung Pengungsi Rohingya

"Presiden Joko Widodo menunggu kepastian sikap organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB. "

Presiden: RI Akan Tetap Bantu Tampung Pengungsi Rohingya
Presiden Jokowi didampingi Walikota Solo berolahraga di CFD di Solo. Foto: Yudha Satriawan KBR

KBR, Solo - Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah akan membantu menampung para pengungsi Rohingya yang terdampar di Indonesia.

Presiden Jokowi mengatakan langkah berikutnya sesuai hasil pertemuan antara Pemerintah Indonesia, Malaysia, dan Thailand terkait nasib para imigran tersebut. Presiden Joko Widodo menunggu kepastian sikap organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB.


“Saat ini kita masih ingin mendapatkan sebuah kepastian bahwa beban-beban biaya---nantinya setelah para pengungsi ini kita tampung---ini didukung oleh UN atau PBB dan negara-negara lain," kata Jokowi usai berolahraga di Car Free Day atau Hari bebas Kendaraan di Solo, Minggu pagi, (24/5/2015). 

"Meskipun kita, dari pemerintah Indonesia pasti juga akan keluar anggaran, tetapi demi kemanusiaan, saya kira nanti tetap akan kita tampung," kata Jokowi tegas.

Tiga hari yang lalu tiga menteri luar negeri dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand bertemu dan saling sepakat membantu dan menampung para pengungsi Rohingya ini.

Pengungsi Rohingya kini terdampar di Aceh dan sejumlah daerah lainnya di Indonesia. Mereka dibantu para nelayan dan warga setempat setelah perahu yang berisi para pengungsi terombang-ambing di lautan di perairan Indonesia. 

Ada lebih dari 1000 orang pengungsi Rohingya yang kini terdampar di Indonesia.

Editor: Agus Luqman 

  • Jokowi
  • Rohingnya
  • Pengungsi
  • Aceh

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!