BERITA

Pansel: Presiden Tak Mau Intervensi Pemilihan Pimpinan KPK

"Pansel juga menegaskan Jokowi menginginkan kepemimpinan KPK yang kredibel dalam membangun sistem, institusi dan penindakan."

Pansel KPK. Foto: KBR/Aisyah Khairunnisa
Pansel KPK. Foto: KBR/Aisyah Khairunnisa

KBR, Jakarta - Tim Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan KPK menyebut Presiden Joko Widodo menyatakan tak ingin mengintervensi Pansel dalam memilih lima pimpinan KPK. Ketua Pansel KPK Destry Damayanti mengatakan, presiden memberikan kepercayaan penuh pada Pansel. Sembilan Srikandi Pansel ini juga menegaskan Jokowi menginginkan kepemimpinan KPK yang kredibel dalam membangun sistem, institusi dan penindakan.

"Salah satu alasan mengapa kami dipilih karena kami independen, kami tidak bisa diintervensi. Sesuai dengan UU KPK proses ini harus transparan, jadi kami juga akan secara teratur memberikan update. Jadi dengan itu, sesuatu yang kelihatan biasanya susah diintervensi. Kami juga akan membuat CoC (Code of Conduct - red) untuk mecegah sesuatu yang tidak diinginkan," kata Destry selepas bertemu presiden di Istana Merdeka, Senin (25/5/2015).


Destry menambahkan, selepas pertemuan di Istana sore tadi, timnya akan langsung rapat untuk menyusun Pedoman Perilaku (CoC). Dalam pemilihan nanti Pansel juga akan melibatkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan sejumlah pihak untuk melakukan penelusuran rekam jejak, seperti Komnas HAM.?

Editor: Malika

  • Pansel
  • KPK
  • Jokowi
  • Pimpinan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!