BERITA

Museum Sribaduga Bandung Restorasi Ventilasi Masjid Abad 19

"Keberadaan ventilasi tersebut diduga merupakan peninggalan masuknya ajaran Islam di Pulau Jawa. "

Museum Sribaduga Bandung Restorasi Ventilasi Masjid Abad 19
Petugas museum tengah melakukan pembersihan bingkai ventilasi masjid abad ke 19 di ruang restorasi Museum Sribaduga, Jalan Peta, Bandung, Kamis (28/5). Bingkai ventilasi tersebut bermotif kaligrafi ya

KBR, Bandung - Museum Sribaduga Bandung melakukan perbaikan ulang atau restorasi bingkai ventilasi pintu masjid abad ke 19. Bingkai ventilasi tersebut bermotif kaligrafi dengan ukuran panjang lebih dari 78 sentimeter dan lebar lebih dari 60 sentimeter. 

Menurut Kepala Seksi Perlindungan Museum Sribaduga, Nita Juanita, bingkai ventilasi kaligrafi masjid ini diperoleh dari seorang warga di daerah Cirebon, Jawa Barat.

"Penuturan pemiliknya dulu, ini berasal dari sebuah masjid. Ventilasi di atas pintu asalnya dari daerah Majalengka. Tetapi kalau dilihat tata desainnya, itu terdapat pengaruh-pengaruh dari budaya Cina Cirebon. Kan Cirebon kental dengan pengaruh-pengaruh budaya Cina," ujarnya kepada KBR di Museum Sribaduga, Jalan Peta, Bandung. 

Nita menambahkan, barang peninggalan yang diduga memiliki sejarah masuknya Agama Islam ke pulau Jawa tersebut, saat ini sedang diteliti kembali asal usulnya.

Saat ini Museum Sribaduga Bandung melakukan perbaikan ulang atau restorasi bingkai ventilasi pintu masjid abad ke-19. Keberadaan ventilasi tersebut diduga merupakan peninggalan masuknya ajaran Islam di Pulau Jawa. 

Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • Bandung
  • Masjid
  • Peninggalan
  • Sejarah
  • Restorasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!