HEADLINE

Istana: 9 Perempuan Luar Biasa Pilihan Jokowi

"Pansel KPK itu perempuan luar biasa yang dipilih Presiden. Orang biasa yang melakukan terobosan luar biasa"

Aisyah Khairunnisa

Istana: 9 Perempuan Luar Biasa Pilihan Jokowi
Presiden Jokowi. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Presiden Jokowi telah menunjuk sembilan perempuan untuk menyeleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka diantaranya adalah ahli ekonomi, Destry Damayanti sebagai Ketua Pansel KPK, Pakar Hukum Tata Negara, Eni Nurbaningsih dan Pakar Hukum Pidana Ekonomi dan Pencucian Uang, Yenty Ganarsih.

Menurut Teten Masduki, Tim Komunikasi Presiden, sembilan perempuan ini dipilih karena kompetensinya. "Pansel KPK itu perempuan luar biasa yang dipilih Presiden. Orang biasa yang melakukan terobosan luar biasa," ujar Teten, Kamis (21/5/2015).

Meski begitu, aktivis antikorupsi ini mengaku tidak dijelaskan Presiden Jokowi mengenai alasan pemilihan sembilan perempuan ini. "Presiden tidak menjelaskan mengapa pilih perempuan. Presiden hanya bilang Pansel KPK harus netral dan profesional dengan keahlian lengkap."

Menurut Teten, tidak kali ini saja Jokowi memercayakan tugas pemerintahan kepada perempuan. Saat menjabat sebagai Walikota Surakarta, Jokowi memilih Kepala Satpol PP perempuan, yakni Sri Kadarwati. Kemudian saat menjabat Presiden, jumlah menteri perempuan dalam Kabinet Kerja pun paling banyak sepanjang sejarah.



  • Pansel KPK
  • save kpk
  • KPK
  • Toleransi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!