BERITA

JK: Pasar Keuangan Berperan Penting dalam Sistem Ekonomi

JK: Pasar Keuangan Berperan Penting dalam Sistem Ekonomi

KBR, Jakarta– Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menyatakan pasar keuangan adalah indikator pertama untuk mengukur situasi ekonomi sebuah negara. JK mengatakan, pasar keuangan memiliki posisi penting dalam sistem perekonomian di sebuah negara, termasuk Indonesia.

JK mengatakan, pasar keuangan akan menjadi sektor yang pertama merasakan dampak apabila situasi ekonomi mengalami gonjang-ganjing ataupun perbaikan.

“Suatu negara yang maju, tentu juga diukur dari kekuatan financial market, karena di situlah letak pertumbuhan ekonomi itu. Tetapi apabila yang terjadi krisis, maka yang terjadi pertama adalah keruntuhan financial market. Semua itu menandakan bahwa suatu pertumbuhan yang baik akan dinikmati sistem keuangan, tetapi apabila tidak berhati-hati, maka korban pertama adalah instansi lembaga keuangan,” kata JK di depan pelaku usaha pasar keuangan dunia di Hotel The Ritz Carlton, Jumat (29/04/16).

JK mengatakan, situasi pasar keuangan bersama nilai tukar mata uang, tingkat suku bunga, dan indeks harga saham adalah hal utama yang diperhatikan pelaku ekonomi dunia. Sehingga, kata dia, negara bertanggung jawab menjaga sektor-sektor itu agar perekonomiannya berjalan stabil.

JK berujar, Indonesia memiliki pengalaman menghadapi krisis besar pada 1998. Kata dia, di samping tekanan dari krisis di negara-negara Asia, krisis di Indonesia juga yang diakibatkan ketidakhati-hatian pemerintah dalam membuat kebijakan tentang sistem keuangan. Dia mencontohkan, ketidakhati-hatian itu adalah saat pemerintah membuat regulasi yang sangat mempermudah pendirian bank sehingga mendorong persaingan yang tidak sehat satu sama lain pada 1988. Sehingga, satu dekade kemudian, dampak besar berupa krisis ekonomi terjadi di Indonesia.

Situasi yang terjadi saat ini, kata JK, semua negara di dunia mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi. Ia berujar, Indonesia sebagai negara berkembang bisa mudah terdampak apabila negara-negara maju mengalami krisis, seperti Amerika Serikat. Sehingga, kata dia, agar krisis itu tidak terulang, semua negara perlu berkoordinasi untuk menjaga pasar keuangan secara bersama-sama.  

Editor: Rony Sitanggang



  • pasar keuangan
  • Wakil presiden Jusuf Kalla
  • krisis ekonomi
  • financial market

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!