BERITA

DPD Papua Minta Dermaga Depapre Rampung di Masa Jokowi

"Pembangunan dermaga tersebut telah mangkrak selama 10 tahun lantaran ketakseriusan pemerintah."

Ninik Yuniati

DPD Papua Minta Dermaga Depapre Rampung di Masa Jokowi
Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan Dermaga Depapre, Papua. (Foto: BPMI Kepresidenan)

KBR, Jakarta - Anggota DPD asal Papua Charles Simare-mare meminta pembangunan dermaga Depapre, Papua rampung di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. Kata dia, pembangunan dermaga tersebut telah mangkrak selama 10 tahun lantaran ketakseriusan pemerintah.

"Hanya sekedar-sekedar. kadang dikasih 10, 20 miliar tapi stop lagi tahun berikutnya, aneh-aneh deh. Harus seperti harapan Jokowi itu dipercepat memang, kucurkan dana, kan butuh sekian triliun, mungkin, katakanlah target dua tiga tahun ini harus tuntas, berarti ya dana sekian triliun itu harus kamu plot di dua-tiga tahun" kata Charles kepada KBR, Sabtu (30/4/2016).

Charles menambahkan, pembangunan dermaga bakal meningkatkan perekonomian di Papua. Kata dia, selama ini terjadi kemacetan lantaran pelabuhan barang dan penumpang tidak terpisah.

"Jadi kalau penumpang datang, wah berhentilah kontainer, macet, dan mengakibatkan biaya tinggi lah. Jadi kalau sudah di sana itu pasti mengurangi macet, biaya tinggi, lebih hemat, cepat harga bisa lebih ditekan" ujar Charles.

Jokowi Minta Pembangunan Dermaga Depapre Dipercepat

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta pembangunan dermaga Depapre dipercepat. Itu sebab, pembangunan bakal dilakukan BUMN dan BUMD. Menurut Jokowi, dermaga tersebut bakal berperan penting lantaran dekat dengan kawasan industri yang letaknya 20 km dari pembangunan dermaga peti kemas.

"Jadi terintegrasi pelabuhan dan kawasan industri," kata Presiden Joko Widodo dalam siaran pers yang diterima KBR, Sabtu (30/4/2016).

Selain itu, komoditas ekspor dari kawasan Papua bisa langsung dikirim ke negara-negara tujuan, tidak perlu lagi melalui Makasaar atau Surabaya. "Langsung ke negara-negara tujuan," ungkapnya.

Dermaga Depapre seperti juga Pelabuhan Sorong akan menjadi dua pelabuhan besar yang ada di Papua. Pelabuhan Depapre adalah pelabuhan peti kemas, curah cair, curah kering yang terletak di Teluk Tanahmerah menghadap Samudera Pasifik berjarak 30 km dari pelabuhan lama Jayapura, pelabuhan ini sekitar 27 km dari Sentani yang merupakan ibukota Kabupaten Jayapura, dan 60 km dari Jayapura yang merupakan ibu kota provinsi Papua.

Editor: Nurika Manan

  • DPD Papua
  • Charles Simaremare
  • Papua
  • Dermaga Depapre Papua
  • presiden joko widodo

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!