NUSANTARA

Usaha Lesu, Ratusan Koperasi di Aceh Utara Bangkrut

Usaha Lesu, Ratusan Koperasi di Aceh Utara Bangkrut

KBR, Lhokseumawe – Ratusan koperasi di Kabupaten Aceh Utara gulung tikar akibat minimnya kegiatan usaha. Koperasi ini bergerak di pelbagai bidang usaha, seperti pertanian, perkebunan dan perikanan.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Aceh Utara, Muhammad Natsir membenarkan, banyak koperasi didaerahnya bermasalah dengan keuangan, sehingga bangkrut. Bahkan, diprediksi koperasi yang terancam tutup akan terus bertambah, karena diperburuk dengan kesulitan memeroleh bantuan modal usaha dari perbankan.


”Itu kalau Kita lihat dilapangan koperasi-koperasi tidak aktif terutama memang tidak ada kegiatan usaha. Maksudnya tidak aktif, karena tidak melaksanakan Rapat Anggaran Tahunan (RAT) selama 2 tahun lebih. Apalagi, kegiatan usahanya memang vakum. Dan, yang tidak aktif itu akan dibubarkan mengingat program pembubaran koperasi itu dari Pusat, ” kata Natsir kepada portalkbr, Ahad (14/2).


Berdasarkan data secara keseluruhan koperasi di Aceh Utara berjumlah 442 unit. Dimana, hanya 250 unit diantaranya yang dinyatakan masih aktif, sedangkan sisianya dipastikan berstatus vakum. Erwin Jalaluddin

 

  • koperasi di aceh

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!