HEADLINE

ASEAN-US Summit, Jokowi Pimpin Sidang Terorisme di Amerika

"Jokowi mengajak kemitraan Asean-Amerika Serikat guna menciptakan perdamaian dan keamanan di kawasan."

Ninik Yuniati

ASEAN-US Summit, Jokowi Pimpin Sidang Terorisme di Amerika
Presiden Jokowi sebelum bertolak ke Amerika Serikat. Foto: Rusman Biro Pers

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo bertolak ke California, Amerika Serikat untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-AS (ASEAN-US Summit) pada 15-16 Februari. Dalam konferensi pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jokowi menyatakan akan memimpin sidang dalam sesi pembahasan terorisme.

"Kesempatan itu akan saya gunakan untuk berbagi pengalaman, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dalam membangun toleransi mencegah radikalisasi serta memberantas terorisme. Kita akan mengangkat pentingnya keterlibatan masyarakat termasuk melalui media sosial dalam melawan terorisme," kata Jokowi, Minggu (14/2).


Jokowi menambahkan, Indonesia juga akan membangun kemitraan Asean-Amerika Serikat guna menciptakan perdamaian dan keamanan di kawasan. "Kemitraan ASEAN_AS harus mendatangkan manfaat seimbang bagi kesejahteraan rakyat," kata Presiden.


Sementara dalam hal kesejahteraan, Indonesia akan mendorong kemitraan dalam rangka memajukan usaha kecil menengah (UMKM), promosi kewirausahaan dan inovasi termasuk ekonomi digital.


Selama di Amerika Serikat, Jokowi juga akan menghadiri Asean-Us Business Council pada 17 Februari mendatang. Jokowi berencana mengunjungi Silicon Valley. "Saya akan bertemu CEO-CEO perusahaan raksasa IT," kata Jokowi.


 

  • ASEAN-US Summit
  • Terorisme

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!