NASIONAL

Alat Berat Disiagakan di Jalur Mudik Rawan Longsor

"Kementerian Pekerjaan Umum menyiagakan puluhan alat berat di sejumlah jalur mudik yang rawan longsor."

Yudi Rachman

Alat Berat Disiagakan di Jalur Mudik Rawan Longsor
mudik, longsor

KBR68H, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum menyiagakan puluhan alat berat di sejumlah jalur mudik yang rawan longsor. Juru bicara Kementerian Pekerjaan Umum, Danis Sumadilaga mengatakan, alat berat itu disiagakan untuk mengantisipasi terhambatnya jalur mudik Jawa dan Sumatera. Kata dia, Kementerian Pekerjaan Umum sudah memetakan daerah-daerah yang menjadi lokasi rawan longsor.

"Kita selalu menjaga dan menyiapkan sekitar 30 alat berat di beberapa titik sepanjang jalur selatan, jadi kita siagakan. Jadi kita sudah hafal titik-titik longsor sepanjang lintas selatan, bukan itu saja di jalur Sumatera kita siagakan alat-alat berat untuk menjaga kemungkinan itu," ujar Danis Sumadilaga saat dihubungi KBR68H.

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum, Danis Sumadilaga menambahkan, pihaknya sudah memperbaiki lereng-lereng yang berpotensi longsor. Untuk Jalur Selatan Jawa sendiri ada beberapa titik yang rawan longsor dan amblas. Seperti di Nagrek, Gentong, Ciamis, hingga Yogyakarta.

Editor: Suryawijayanti 

  • mudik
  • longsor

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!